Gangguan Pencernaan Juga Dapat Terjadi Pada Anak Dan Bayi

Menjaga pencernaan anak sangat penting untuk dilakukan, karena 70-80% pembentukan sistem daya tahan tubuh anak dibentuk dalam saluran cerna. Gangguan pencernaan yang terjadi pada anak akan menyebabkan penghambatan penyerapan nutrisi dan beresiko mengalami gangguan fungsi pencernaan. Hal ini juga sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi pertumbuhan anak dan bahkan bisa menurunkan berat badan anak dengan signifikan.

Sistem pencernaan sangat mempengaruhi nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Pada pencernaan yang sehat, maka akan mampu menyerap gizi dari makanan dan minuman sesuai dengan kebutuhan. Apabila ada masalah pencernaan, maka kebutuhan nutrisi akan terhambat, apalagi anak diusia 0-5 tahun yang merupakan masa emas. Dan ini juga akan mempengaruhi kecerdasan anak. Penyerapan gizi yang tidak seimbang akan mengganggu tumbuh kembang anak, yang akan berdampak pada kecerdasan anak.

Anak yang mengalami gangguan pencernaan biasanya akan mengalami rasa sakit pada perut. Sakit perut yang berulang dialami anak menunjukkan sistem pencernaan yang belum sempurna mengalami gangguan. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari sosial, psikologis, dan sesuatu yang memicu stres anak.

Selain itu, adanya infeksi dan iritasi pada saluran pencernaan dapat menyebabkan sakit perut, diare, hingga sembelit. Untuk mengatasinya perlu dikurangi makanan-makanan yang mengandung rasa asam, asin, hingga manis agar saluran pencernaan menjadi rileks.

Pendarahan terjadi apabila anak mengalami muntah disertai dengan bercak darah adalah akibat dari denaturasi lambung. Penyembabnya adalah luka pada tukak dan duodenum atau varises pada kerongkongnan pecah.

Mencegah gangguan pencernaanpada anak dilakukan semenjak ia lahir dan denga diberikan ASI eksklusif. ASI sangat dibutuhkan bayi dan berperan untuk memberikan imunitas pada tubuh dan memberikan kelengkapan nutrisi. ASI mengandung probiotik yang dapat menjaga proses metabolisme di dalam tubuh, dapat melindungi dinding usus dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, pencegahan gangguan pencernaan pada anak dapat dilakukan sejak anak masih dalam kandungan. Ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan atau untuk daya tahan tubuh seperti makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt. Ini dapat menyeimbangkan pertumbuhan bakteri baik dan membantu mengedukasi dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Kunjungi media sosial kami :
ig @dtwo.official : https://bit.ly/2L07Kmf
forum diskusi : https://bit.ly/2FxJ0gw
fanpage dtwo.co.id : https://bit.ly/2GAjy9s
youtube D-TWO : https://bit.ly/2LieQD9

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *