Tips BAB Lancar

Buang air besar merupakan suatu kegiatan yang alamai dilakukan. Melakuaknnya secara rutin merupakan salah satu petunjuk bahwa sistem pencernaan kita berjalan dengan lancar. Namun sering kali masalah pencernaan muncul membuat buang air besar kita menjadi tidak lancar. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan pencernaan kita agar tetap berjalan dengan normal yaitu dengan melakukan pola hidup sehat dan pola makan sehat dan teratur.

Masalah buang air besar yang tidak lancar umumnya disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi serat seperti yang terkandung pada buah, sayur dan biji-bijian. Namun selain meningkatkan konsumsi serat kita dapat melakukan 3 hal berikut ini untuk membuat BAB kita lancar.

  1. Minum banyak air putih.Air putih merupakan salah satu unsur yang paling tubuh butuhkan, terutama untuk saluran pencernaan. Air dapat membantu mencerna makanan dan membantu penyerapan sari makanan sehingga tubuh memerlukan air yang cukup setiap harinya. Kekurangan air dapat memicu dehidrasi dan penyerapan makanan dalam usus menjadi tidak normal, akhirnya makanan menjadi lebih keras dan menyebabkan sembelit.
  2. Tidak menunda rasa ingin buang air besar. Tubuh memiliki alarm tersendiri yang mengingatkan kita untuk saatnya melakukan buang air besar, namun karena satu dan lain hal kita sering menunda hal tersebut karena situasi yang tidak memungkinkan atau hal lain. Namun kebiasaan seperti ini akan berakibat pada pencernaan yang akan menjadi tidak lancar karena tubuh seakan bingung kapan saatnya harus buang air besar. Penundaan ini juga dapat mengakibatkan sembelit karena penyerapan air yang terlalu banyak di usus.
  3. Rutin berolahraga. Karena dapat membantu usus melakukan gerakan untuk mencerna makanan dan melancarkan metabolisme serta saluran pencernaan. Olahraga membantu tubuh detoksifikasi racun melalui keringat dan menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh

Kunjungi media sosial kami :
website dtwo.co.id :https://bit.ly/2VpLAy4
ig @dtwo.co.id :https://bit.ly/2L07Kmf
forum diskusi :https://bit.ly/2FxJ0gw
fanpage dtwo.co.id :https://bit.ly/2GAjy9s
youtube D-TWO :https://bit.ly/2LieQD9

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *