Tips Memasak Agar Tetap Higienis

Tips Memasak Agar Tetap Higienis

🍴 Mencuci Tangan Sebelum Memulai Masak
Tidak hanya bahan makanan saja yang dicuci, tangan kita pun juga harus selalu dicuci bersih sebelum memasak. Walaupun kita merasa tangan sudah bersih, kita tetap wajib mencuci tangan sebelum memasak agar tangan steril. Jika tangan tidak steril, bakteri atau kotoran pada tangan dapat pindah ke makanan dan masuk ke dalam perut, sehingga menimbulkan penyakit.

🍴 Gunakan Penutup Kepala atau Ikat Rambut
Selain dapat mengganggu aktivitas memasak, rambut yang tidak ditutup atau diikat dapat memungkinan jatuh dan masuk ke dalam masakan. Belum lagi ada kotoran dan mikroorganisme dalam rambut kita yang dapat mengontaminasi makanan. Akan lebih baik lagi jika juga menggunakan apron untuk menghindari baju kotor.

🍴 Menutup Mulut Saat Bersin
Sebaiknya kita tutup mulut dan hidung dengan tisu saat bersin, untuk mencegah kuman dan air liur masuk dalam masakan. Atau jika tidak ada tisu dalam jangkauan, kita bisa menjauh sesaat dari masakan yang sedang diolah, jika sinyal-sinyal bersin itu sudah muncul.

🍴 Gunakan Talenan dan Pisau Berbeda
Biasanya, saat mengolah masakan yang terbuat dari sayuran dan daging, kita pasti malas untuk mengganti talenan maupun pisaunya. Padahal, ini akan membuat terjadinya kontaminasi silang. Kuman atau kotoran yang ada pada daging bisa masuk ke dalam sayuran, atau sebaliknya. Lebih baik gunakan talenan dan pisau yang berbeda. Jika tidak ada, kamu bisa mencuci talenan dan pisaunya terlebih dahulu kalau ingin digunakan lagi. Hindari juga penggunaan pisau yang sama untuk bahan mentah dan matang. Prinsip ini juga bisa banget kamu terapkan dalam hal penggunaan wadah penyimpaan.

🍴 Mencicipi Makanan dengan Sendok yang Berbeda
Saat masakan sudah jadi, biasanya kita ingin sekali mencobanya. Bahkan ketika memasak pun, kita harus berulang kali mencicipi untuk mengoreksi rasanya. Agar lebih mudah, banyak yang mencicipinya pakai sendok yang sama. Kebiasaan ini bisa membuat bakteri yang ada pada mulut berpindah ke masakan.

Ambil masakan di dalam wajan menggunakan sendok, kemudian tuang ke sendok yang lain untuk kita cicipi masuk ke mulut. Bila akan kita gunakan untuk mencicipi yang lain, kita hanya tinggal membilas sendok yang digunakan untuk mengambil masakan di wajan/panci, menggunakan air mengalir di wastafel.

SALAM SEHAT DTWO

Kunjungi media sosial kami :
ig : https://bit.ly/2L07Kmf
forum diskusi : https://bit.ly/2FxJ0gw
fanpage : https://bit.ly/2GAjy9s
youtube : https://bit.ly/2LieQD9

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *